Mitos atau Fakta Wanita Pantang Minum Air Es Saat Haid

Kita banyak dengar di kalangan wanita yang bilang kalau minum es darah haid akan lebih lancar. Namun yang lebih menakutkan lagi saat saya mendengar bahwa jika minum es saat haid itu tidak baik "saat haid minum es darah yang keluar lebih banyak dan haid cepat selesai, tetapi di sisi lain darah itu akan membeku di dalam rahim dan menyebabkan kista".

Kalimat tersebut yang saya dengar saat saya masih belum tahu mitos atau fakta tentang larangan minum air es saat haid.

Cukup menakutkan, saya jadi takut dan tidak minum es. Tapi apakah benar mitos tersebut? setelah beberapa kali mencari informasi tentang mitos tersebut akhirnya saya mendapatkan kesimpulan sebagai berikut.

Yuks kita cari tau apa itu Air Es, Haid, serta Mitos atau Fakta.


Es adalah bentuk padat dari air.

Mitos atau Fakta Wanita Pantang Minum Air Es Saat Haid

Sedangkan Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik Estrogen atau Progesteron.

Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.

Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Mitos atau Fakta Wanita Pantang Minum Air Es Saat Haid

Mitos atau Fakta Wanita Pantang Minum Air ES saat Haid?


Mitos : Kista dapat dipicu karena sering minum es ketika sedang haid
Dalam literatur ada yang menyebutkan penyebab kista ovarium karena gagalnya sel telur (folikel) berovulasi.'' Dalam siklus reproduksinya, satu sel telur dalam ovarium wanita setiap bulan akan mengalami ovulasi.
Jadi... air dingin tidak memiliki efek saat haid, terutama efek menghambat aliran darah.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat kita menerima berita berupa sms atau semacamnya, yang menyatukan dua sistem tubuh yang berbeda. Haid yang merupakan Sistem reproduksi manusia tidak ada kaitannya dengan sistem pencernaan. Kedua proses ini tidak saling mempengaruhi secara langsung.

Setelah memasuki saluran pencernaan yaitu mulut, tenggorokan, maka makanan/minuman akan segera mengalami penyesuaian berdasarkan suhu tubuh.

Secara medis tidak benar bahwa proses pembekuan darah menstruasi dapat terjadi karena suhu air es yang kita minum. Yang mempengaruhi haid adalah hormon estrogen.

Air es atau minuman semacamnya tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi sekalipun.

Selain itu, sebaiknya kebiasaan minum air es bisa dihentikan, atau dikurangi, karena jika tubuh kita rentan terhadap dingin, maka yang akan terjadi sakit tenggorokan, perut juga dapat kembung, dan minum air dingin setelah makan dapat membuat lemak menempel di usus yang mengakibatkan kerja sistem pencernaan yang kurang sempurna. Akibat dari penempelan lemak terus menerus akan menyebabkan tubuh gemuk penuh lemak.

Jadi sudah tahu kan jawabannya, mitos atau fakta jika wanita pantang minum air es saat haid?

3 komentar

mitos juga jgn di remehkan

bukan meremahkan #Muslim tea hanya saja saya memberi informasi mitos atau fakta, dan itu semua kembali kepada setiap diri seseorang mau mengikuti mitosnya atau tidak.. :-)

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon