Bayi Susah BAB? Ini Cara Mengatasinya!

Hai Sobat jumpa lagi nih bersama saya :-) kurang lebih 1 minggu saya tidak posting-posting ya, pasti sobat sekalian pada kangen kan pada Sinta :-) Maklum lha selama ini Sinta sibuk sekali, dari yang kifayah, acara lamaran dll..hehe malah jadi cerita nih saya.

Oke sobat langsung saja kita ke TKP :-) Sobat pasti telah mengenal apa itu Sembelit? Ya, sembelit atau susah buang air besar tidak hanya terjadi pada orang dewasa, pada balita pun bisa terjadi. Hal ini di sebabkan salah satunya adalah kurangnya konsumsi akan serat dan cairan.

Bagaimana cara Anda mengetahui anak Anda yang masih bayi susah buang air besar? Biasanya bayi akan lebih rewel, menangis sambil mengangkat kakinya. Memang sih bayi usi 0-5 bulan buang air besar seminggu 1-2 X ada yang berkata itu masih normal.

Tapi nih sobat, saya mempunyai teman dan anaknya tidak buang air besar selama 10 hari, ini tidak bisa dianggap sepele. Kita harus melakukan antisipasi dan mengobatan secara rutin.

Setiap orang pasti pernah merasakan hal ini. Ya, salah satunya adalah anak saya sendiri. Saya paling khawatir jika anak saya tidak BAB selama 3 hari. Saya langsung panik dan rempong pastinya. Maklum lha Saya baru pertama kali punya anak.

Dan pastinya saya tidak ingin anak saya merasakan sakit saat buang air besar nantinya. Setelah saya berdiskusi dan bertanya kepada saudara saya yang menjadi bidan, dari sana saya mengetahui cara mengatasinya. Dan Alhamdulillah sekarang anak saya setiap hari BAB, paling lama tidak BAB ya sekitar 2 hari saja. 
Bayi Susah BAB? Ini Cara Mengatasinya!
Anak-Bayi Susah BAB
Nah sobat, jika anak Anda tidak BAB selama lebih dari 3 hari, Anda harus segera mengatasinya salah satunya dengan memberikan asupan makanan yang mengandung serat tinggi. Meski Sembelit bukan suatu masalah yang berbahaya, namun hal ini membuat anak Anda merasa kesakitan dan tidak nyaman.

Oke sobat kali ini Sinta kasih tahu bagaimana cara mengatasi agar anak tidak susah buang air besar.

Cara Mengatasi Anak-Bayi Susah Buang Air Besar/Sembelit.

1. Pemijatan pada perut Bayi
Pijatlah bagian bawah pusar bayi Anda, Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun agar licin, dan pijatlah perut bayi dengan hati-hati dan pelan-pelan. Namun jika Anda tidak berani memijatnya, Anda bisa meminta tolong kepada tukang pijat bayi yang ahli memijat perut bayi.
 
2. Membuat anak aktif

Agar feses terdorong oleh usus, ajak  anak untuk bergerak lebih aktif. Jika bayi masih belum bisa merangkak, Anda bisa perlahan menggerak-gerakkan kaki bayi seperti menggayuh sepeda. Jika bayi sudah bisa merangkak, maka membuatnya merangkak lebih sering.
 
3. Memberi Makanan yang lembut bagi bayi

Saat anak Anda sudah usia 6 bulan dan mulai mengkonsumsi makanan padat, usahakan jangan langsung memberikan makanan yang “berat dan kasar”, seperti nasi. Anda bisa memulainya dengan membirikan bubur atau pisang yang dilumatkan sebagai pengenal pada perut bayi
 
4. Cukupi kebutuhan air dan serat pada bayi
Pastikan kebutuhan air dan makanan yang mengandung serat si Kecil tercukupi. Anda bisa membuat lumatan pisang, alpukat, dan mencampurkan nasi dan sayuran seperti bayam, wortel yang dihaluskan, agar anak Anda memperoleh asupan gizi dan serat yang tercukupi. Seta berikan sebotol air untuknya demi membantu kinerja sistem pencernaan. Atau bisa juga Setiap Kali anak Anda sudah makan atau mengkonsumsi makanan ringan seperti mari berikan minum secukupnya. Agar proses pencernaan tetap stabil dan berjalan lancar.

5. Mandikan dengan air hangat
Memandikan bayi dengan air hangat bisa membuatnya lebih rileks sehingga saluran pencernaan lebih mudah mengeluarkan kotoran.
 
6. Mengganti susu formula

Jika bayi Anda Mengkonsumsi SUFOR dan mengalami konstipasi sejak mengonsumsi susu formula, maka gantilah dengan merek yang berbeda, mungkin bisa jadi bayi Anda tidak cocok dengan SUFOR tersebut, serta konsultasikan dengan dokter anak agar sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Nah sobat itulah cara bagaimana cara mengatasi anak susah buang air besar atau sembelit yang bisa saya bagikan kepada sobat sekalian, semoga ini bermanfaat buat sobat semua...!!!

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon